Sabtu, 09 Juli 2011

Join Us Guys


Sudah menjadi tradisi, setiap setahun sekali kampus kita UNEJ di padati oleh tamu yang tak terduga dari berbagai wilayah kota di Indonesia, mereka adalah para mahasiswa baru yang ketrima di UNEJ melalui berbagai jalur penerimaan Mahasiswa Baru yakni : ada SNMPTN undangan, SNMPTN, UM UNEJ serta PMDK. 

Sebelum dikukuhkannya mereka menjadi mahasiswa di Universitas Jember ini, harus ada tahapan ritual yang wajib di ikuti oleh semua Calon Mahasiiswa Baru, yaitu adalah DAFTAR ULANG, proses yang lumayan cukup ribet ini berpusat gedung UMC UNEJ dan PKM yang terletak di jalan Kalimantan . Untuk melalui proses ini di butuhkan kesabaran yang lebih karena ada beberapa tahap yang harus di lalui yaitu tes kesehatan yang di lakukan di gedung UMC ( unej medical center ) dilanjutkan di gedung PKM ( Pusat Kegiatan Mahasiswa ) untuk pemotretan dan cetak KTM ( Kartu Tanda Mahasiswa ) sebagai bukti resmi telah di kukuhkannya menjadi seorang mahasiswa baru di Universitas Jember. Tentunya semua tahapan itu tidaklah dilalui dengan mudah, dibutuhkan kesabaran dosis tinggi untuk dapat melaluinya, karena antrian yang sangat panjang dan juga melelahkan.

Sudah menjadi ciri khas pada acara daftar ulang Mahasiswa baru, para senior yang sudah menjadi MaLa alias Mahasiswa Lama ikut ambil bagian di dalamnya, mereka berbondong – bondong memadati PKM untuk menggelar acara yang semua tujuannya sama yaitu Penyambutan Maba, Mahasiswa Lama atau Mala ini tergabung dalam berbagai macam organisasi yang di ikutinya untuk kemudian di promosikan kepada Mahasiswa Baru yang belum tahu bagaimana situasi di Kampus dan bagaimana harus menjalani gelar barunya sebagai mahasiswa baru. 

Berbagai macam organisasi ada disini untuk ikut meramaikan acara daftar Ulang mmaba, ada yang bergerak di bidang kerohanian Islam misalnya seperti : Hizbut Tahrir, PMII, KAMMI,FSUKI, atau Unit kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian Islam, misalnya ada UKKI Asy – Syifa untuk Fakultas Farmasi, Kosinus – Teta untuk Fakultas FTP, Masa dari Fakultas FKIP, IONS dari Fakultas MIPA, dll, dan untuk UKKI ini yang menjadi objek buruan mereka adalah MABA yang satu Fakultas dengan mereka, misalnya aku hari ini sebagai duta dari ASY – SYIFA,maka target mangsaku adalah MABA Fakultas Farmasi, dan hari ini perburuanku lumayan dapet lah, meski belum optimal, karena mengingat padatnya orang yang berkerumun di Gedung PKM, jadi untuk mencari MABA Fakultas Farmasi bagaikan mencari Jarum dalam Jerami, lumayan susah juga. Untuk menyiasati hal itu biasanya ada kerja sama antar UKM yang isinya saling bertukar informasi jika mendapatkan MABA yang bukan dari Fakultasnya, untuk kemudian di link kan kepada MALA yang satu Fakultas dari MABA tersebut, dengan cara ini terbukti lebih efektif dalam menjaring mangsa.

Selain itu juga banyak dari Organisasi – organisasi yang ikut berkecimpung dalam acara ini misalnya organisasi kedaerahan seperti organisasi mahasiswa yang dari kota Gresik, Kediri, medan, Madura dan masih banyak yang lainnya, juga ada pula organisasi yang bergerak di bidang olah raga misalnya pencak silat dan Karate.

Sebagai amunisi atau alat untuk PDKT dengan MABA tersebut biasanya dengan leaflet – leaflet yang dibagikan kepada MABA, untuk isinya lumayan Variatif ada yang berisi tentang info kosan, denah kampus, info toko dan swalayan, ATM, angkutan kota jember, profil organisasi dan juga acara – acara menarik yang akan de gelar untuk mahasiswa baru, tentunya dengan desain yang kreatif – kreatif untuk dapat menarik minat MABA untuk bergabung bahkan juga menjadi ajang promosi oleh Loundry – Loundry dan juga rumah kosan.

Hiruk pikuk kegiatan di PKM ini mengingatkanku pada acara daftar ulangku setahun yang lalu, dan hal ini juga yang bisa membuatku selalu bersyukur karena atas kekuatan yang Alloh berikan untukku, akhirnya aku bisa melalui prosesi yang cukup rumit ini, sebagai mahasiswa baru yang masih terlalu awam untuk tahu kehidupan kampus,dan kehidupan di Jember itu seperti apa, kegiatan ini lumayan berguna pula, terlebih lagi dalam leaflet yang dibagikan telah tersedia contak person yang bisa di hubungi untuk bisa cari info lebih lanjut seputar kehidupan kampus,,,,

Alhamdulilah, setelah setahun yang lalu aku menjadi MABA yang merasakan Ribetnya Daftar Ulang kini aku bisa menjadi Penonton yang juga ikut andil memberikan Informasi kepada Mahasiswa Baru yang masih buta huruf sebuah pengalaman yang lumayan mengasyikan, ( ya Alloh semoga apa yang aku lakukan hari ini bisa memberikan manfaat untuk orang lain,,,,,, amiiinnnnn..........)

“ selamat untuk para mahasiswa baru yang telah resmi mendapatkan gelarnya sebagai MAHASISWA, semoga bisa menjadi MAHASISWA yang selalu berkarya,,,,,,,

by nina wijiani

4 komentar:

Luar biasa leefletnya. Jazakalloh untk mang udin sebagai creatornya. Semoga semanagat kita juga sebagus leafletnya bahkan lebih...^_^. Selanjutnya, sukses ! Afwan saya g bs bantu optimal

maz bayu : sip,,, meski banyak rintangan,, tpi pertolongan Alloh selalu menyertai kami,,subhanalloh
wimala : ukhti,,,maw mnyanyi lagu india tah kok " much much hota hai ", hehhehehhe

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More