Senin, 18 Juli 2011

Hipotesis Mengapa Sering Terjadi Kecelakaan di Perlintasan KA

Sekitar akhir tahun 2009 hingga awal 2010 sering sekali kita mendengar kecelakaan baik oleh sepeda motor maupun mobil tepat diatas rel saat KA akan lewat. Banyak faktor dan juga dugaan yang muncul secara spekulatif terhadap penyebab kejadian ini. Sebagian masyarakat menilai kejadian ini biasanya diawali oleh sikap nekat sang sopir yang menerobos masuk palang kereta padahal palang sudah akan ditutup. Ada juga yang menilai kelalaian petugas jaga palang pintulah yang menjadi penyebabnya. Dalam beberapa kasus tidak adanya palang pintu yang dituduh sebagai kambing hitam utama atas kejadian kecelakaan ini.

Namun ada yang aneh saat mendengar pengakuan langsung dari beberapa pengendara mobil atau sopir bus yang pernah mengalami kejadian ini. Rata-rata dari mereka mengaku tiba-tiba saja mesin mati saat mobil atau bus yang dikendarainya  melewati perlintasan KA. Apa sebenarnya yang menyebabkan ini ? Apakah karena mesin yang memang sudah rusak atau tidak layak pakai lalu secara kebetulan mati tepat berada diatas rel ? Tapi mengapa hal ini terjadi berulang-ulang ?  

Hmmm, kita perlu mencermati ini.. Rabu sore, secara kebetulan saya mendengar pemaparan oleh salah seorang dosen di Farmasi UNEJ, nama beliau adalah pak Trapsilo yang secara eksplisit menyinggung permasalahan ini dalam perkuliahan Fisika Dasarnya. Pak Trap (begitulah kami memanggil) menjelaskan kebolehjadian peristiwa kecelakaan diatas rel KA yang disebabkan oleh mesin yang mati tiba-tiba. Peristiwa ini diawali oleh sebuah teori medan magnet yang berbunyi apabila ada dua kawat sejajar dilewati oleh medan magnet atau oleh benda yang mempunyai medan magnetik makan akan timbul arus di sekitar kawat. Kita ingat bahwa rel KA bisa dikatakan sebagai dua kawat logam yang sejajar dan setiap mobil tentunya memiliki sistem generator atau penggerak yang  membentuk medan magnet. Tepat saat mobil melewati atas rel maka teori yang dikemukakan diataspun terjadi. Akan timbul arus diantara kedua benda yaitu rel (sebagai kawat sejajar) dengan sistem penggerak yang bermedan magnet. Akibatnya mobil yang tengah berada pada kondisi yang kurang baik atau kurang terawat mesinnya akan dengan mudah teraliri oleh arus listrik hingga mencapai sistem arus yang berada dimobil lalu mengacaukannya. Hal inilah yang diduga oleh beberapa pengamat fisika sebagai penyebab terjadinya kecelakaan yang tepat berada diatas rel KA.

Tidak menutup kemungkinan sepeda motor juga berpotensi mengalami kecelakaan ini karena desain starter system sepeda motor yang tidak banyak berbeda dengan mobil.

Hikmahnya, jaga dan rawatlah selalu kendaraan yang kita miliki. Perhatikan benar kondisi mesinnya dan disarankan untuk selalu dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Semoga bermanfaat !

by bayu trimurti

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More