Selasa, 19 Juli 2011

Fornas SKI Farmasi Indonesia, Will Be Coming Soon.

...FORNAS SKI FARMASI INDONESIA, WILL BE COMING SOON...

Alhamdulillah setelah penantian yang cukup terbilang panjang, akhirnya forum bersama berskala nasional SKI Farmasi Indonesia tak lama lagi akan di launching. Hal ini patut kiranya kita syukuri karena semua ini berjalan semata-mata atas limpahan rahmat, izin serta kehendak Alloh SWT. Perlu kita semua ketahui bahwa inisiasi (permulaan) forum ini sebenarnya tidak hanya bermula dari beberapa bulan terakhir ini. Akan tetapi gagasan akan adanya forum nasional ini telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Namun yang membedakan, gagasan yang sudah ada sejak lama tesebut untuk sekarang sudah mulai diangkat ke ranah realisasi, bukan lagi sekedar gagasan atau inisiasi saja. Sebelumnya saya ingin sedikit memberi penjelasan tentang gambaran utuh adanya FORNAS ini, karena sepertinya dari internal Asy Syifa’ sendiri masih belum banyak yang mengetahui dan memahami benar tentang FORNAS ini. Saya mulai dari inisiasi awal. Saya teringat dulu saat pertama kali muncul ghirroh (kecemburuan) saya akan adanya forum-forum nasional yang hampir ada di setiap Lembaga Dakwah Fakultas di universitas-universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Sebut saja FULDKIP yang menaungi teman-teman LDF (Lembaga Dakwah Fakultas) di FKIP, FULDFK yang menaungi LDF kedokteran, FULDKT yang ada di LDF Teknik, JRMN yang menaungi LDF MIPA dan lain sebagainya. Bahkan baru-baru ini saya mendengar sudah di launchingnya forum nasional LDF di Kesehatan Masyarakat. Nah, terus farmasi sudah punya belum ya ?. Setelah mencari-cari jawaban ternyata farmasi memang belum ada. Berangkat dari hal ini kemudian saya mencoba untuk menghubungi teman-teman difarmasi universitas lain dan ternyata mereka juga merasakan hal yang sama. Dengan ini kami (saya dan mereka) coba untuk membangun semangat untuk saling menghimpun diri kedalam wadah nasional yang harapannya bisa menaungi lembaga-lembaga dakwah fakultas/ SKI Farmasi yang ada diseluruh Indonesia.

Kenapa kok demikian banyak forum-forum nasional yang ada di LDF-LDF di Indonesia ?. Pentingkah keberadaan forum nasional farmasi ini? Alasannya coba saya uraikan kedalam point-point berikut

·         Kita semua sepakat bahwa ukhuwah atau semangat persaudaraan adalah modal yang paling mendasar untuk suksesnya agenda besar perbaikan umat ini. Terjalinnya tali silaturrahim yang kuat antara lembaga dakwah fakultas bisa dikatakan hal yang sangat esensi dan fundamental untuk bisa mengikat tali ukhuwah yang mungkin selama ini masih saling “berserakan” yang artinya belum tertata.

Forum nasional yang kita agendakan bersama ini tiada lain bertujuan untuk mengikatkan tali ukhuwah antara sesama lembaga dakwah di kampus farmasi dimanapun berada, dengan muara akhir adalah adanya keseragaman dan perbaikan langkah dakwah untuk fakultas kita tercinta ini. Kalau boleh saya mengibaratkan, forum nasional ini bagaikan tali pengikat sebuah sapu lidi dimana masing-masing LDF Farmasi adalah batang lidinya. Batang lidi jika hanya sendiri-sendiri kurang bisa memberi kegunaan dan manfaat secara optimal serta cenderung lemah karena mudah patah. Tapi, kalau masing-masing batang lidi tersebut disatukan sehingga menjadi sebuah sapu lidi, maka daya manfaatnya pun akan semakin jelas dan kuat. Bahkan seorang ustadz mengatakan “Kotoran mana yang tidak bisa dibersihkan oleh batang-batang lidi tatkala sudah menjadi sebuah sapu ? ”. Artinya dengan hadirnya forum semoga dapat saling memperkuat ukhuwah serta kehangatan persaudaraan diantara sesama LDF Farmasi di seluruh pelosok Indonesia untuk bersama-sama menjalankan agenda dan misi besar untuk memperbaiki negeri kita tercinta ini terutama berkaitan dengan kefarmasiannya.

·         Forum ini dapat menjadi problem solver bagi masalah-masalah yang ada di kampus farmasi terutama terkait urgensitas dakwahnya (masalah klasik maupun aktual). 

·         Teringat pemaparan akh Romdlon (mas’ul atau ketua KMMF UGM) yang sekarang diamanahi sebagai koordinator Badan Perumus FORNAS tentang tujuan adanya FORNAS ini yang juga menjadi media blow up isu nasional. Maksudnya melalui FORNAS ini diharapkan isu-isu ter-update tentang kefarmasian bisa di blow up secara nasional sehingga mendapat perhatian publik diseantero Indonesia bahkan dunia (untuk kemudian ditindaklanjuti tentunya). Contohnya isu terkait sertifikasi halal untuk obat, orientasi pelayanan farmasi yang sudah mulai bergeser kearah profit semata dan isu-isu yang lain.

Isu yang dibawa oleh forum nasional ini bisa dikatakan “lebih nendang” dibanding isu tersebut hanya dibawa oleh masing-masing LDF (contohnya hanya oleh Asy Syifa’ sendiri). Betul tidak ?.

·         Forum nasional ini bisa menjadi akselerator kondisi dakwah kampus di lingkungan Farmasi.
·         dan alasan-alasan mulia yang lain.

Dengan melihat alasan-alasan tersebut kita sudah bisa menilai seberapa pentingkah sebenarnya keberadaan forum nasional ini.

Identitas sementara sementara forum ini adalah SKI FARMASI INDONESIA (SKIFI) sesuai usulan dari akh Romdlon beberapa waktu lalu. Banyak universitas yang sudap siap menjadi pelopor berdirinya forum nasional ini, diantaranya kita sendiri dari Asy Syifa’ Farmasi UNEJ yang telah cukup aktif menjadi salah satu launcher-nya. Saudara-saudara kita yang lain yang telah siap adalah

*    Farmasi Universitas Airlangga Surabaya
*    Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta
*    Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
*    Farmasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
*    Farmasi Universitas Sebelas Maret Surakarta
*    Farmasi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
*    Farmasi Institut Teknologi Bandung
*    Farmasi Universitas Padjajaran

Dan kemungkinan masih akan terus bertambah karena berita terakhir saudara kita yang di Farmasi Universitas Mulawarman Kalimantan dan Farmasi UIN Makassar juga telah bergabung. Untuk sementara, tim inilah yang akan menjadi inisiator dan launcher berdirinya forum nasional yang telah kita cita-citakan bersama. Dan forum ini sangat terbuka bagi warga farmasi manapun untuk bergabung karena sejatinya forum ini adalah milik bersama.

Yuk, sama-sama mendukung berdirinya forum nasional ini serta ikut berperan aktif didalamnya. Jangan pernah khawatir akan manfaatnya. Selain bernilai ibadah (saat hati kita ihlas dan niat kita lurus semata-mata karena Alloh), siapa tahu suatu saat kita (Asy Syifa’) bisa silaturrahim sambil jalan-jalan ke saudara-saudara kita di universitas lain. Seperti yang beberapa waktu lalu telah kita lakukan yaitu silaturrahim ke saudara-saudara di Jogja. 

Demikian pula apabila nantinya ada saudara-saudara farmasi dari universitas lain berkunjung ke Jember maka kita juga harus siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi mereka.

Semoga sayap-sayap kebaikan dakwah farmasi khususnya Asy Syifa’ terus berkembang dan meluas bahkan sampai seluruh dunia tahu dan merasakan manfaat dari keberadaan kita (kalau perlu...he..he).
Karena yakinlah, sejatinya islam adalah rahmat bagi seluruh alam tanpa terkecuali. Setuju?

Syukron, jazakumulloh dan keep hamasah saudara-saudaraku...

Gabung yuk bagi yang belum gabung ^_^
Add aja di grup facebook SKI Farmasi Indonesia atau kalau ingin tahu lebih banyak silakan hubungi kami, Bayu T.M. (085746750398) atau Hendra W.P. (085735300385)


by bayu trimukti

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More