Senin, 31 Januari 2011

Untuk kita, Pemuda



''Islam sangat menganjurkan agar pemeluknya membentuk kumpulan-kumpulan bernuansan kekeluargaan (usrah) dengan tujuan mengerahkan mereka untuk mencapai tingkat keteladanan, mengokohkan persatuan, dan mengangkat konsep persaudaraan diantara mereka dari tataran kata-kata dan teori menuju kerja dan operasional yang konkret. Oleh karenanya bersungguh-sungguhlah engkau wahai saudaraku untuk menjadi batu bata yang baik dalam bangunan islam ini’’

Wahai pemuda

Sesungguhnya, sebuah pemikiran itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepadanya, ikhlas dalam berjuang dijalannya, semakin bersemangat merealisasikannya, dan kesiapan untuk beramal dan berkorban mewujudkannya. Sepertinya keempat rukun ini yaitu iman, ikhlas, semangat dan amal merupakan karakter yamg melekat pada diri pemuda, karenanya sungguh dasar keimanan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertaqwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora, dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Itu semua tidak terdapat kecuali pada diri pemuda.


Oleh karenanya sejak dulu hingga sekarang pemuda merupakan pilar kebangkita. Dalam setiap kebangkitan, pemuda merupakan rahasia kekuatannya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya.


"Sesungguhnya mereka itu pemuda-pemuda yang beriman yang beriman pada Tuhan mereka dan Kami tambahkan mereka petunjuk." (Al Kahfi : 13)

by Aq, adapted from hb

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More